Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS MERAWAT/MEMBERSIHKAN DISPENSER DISPENSER

TIPS MEMBERSIHKAN DISPENSER

PELITATEKNIK
PELITA TEKNIK

Harus diakui, kehadiran Dispenser sebagai salah satu produk perabotan rumah tangga sangat memberikan kemudahan bagi keluarga dirumah maupun perkantoran. Karena Dispenser terbukti mampu memenuhi kebutuhan air dingin maupun panas bagi pemiliknya dengan sangat praktis.

Kebutuhan air panas untuk sekedar membuat teh atau kopi dapat terpenuhi tanpa harus repot merubus air menggunakan kompor. Begitu juga bila Anda hendak membuat minuman dingin, dispenser dapat memenuhi kebutuhan itu sama praktisnya seperti Anda membutuhkan air panas.

Nah, meskipun begitu, dispenser perlu dirawat serta dibersikah. Hal ini cukup penting karena dengan perawatan maksimal dispenser menjadi lebih awet, bersih dan tahan lama.

Lalu bagaimanakah cara perawatannya ?


Membersihkan dispenser sebaiknya dilakukan setiap 1 bulan sekali atau ketika waktu penggantian galon air mineral. Saat galon kosong, Anda akan lebih mudah membersihkan setiap bagian dispenser. Rajin, membersihkan dispenser sama dengan, mejaga kebersihan air yang Anda minum


Berikut ini Tips/cara membersihkan dispenser.

  • Cabut kabel power dispenser dari terminal listrik, lalu angkat galon air. Ini berlaku untuk dispenser galon atas, untuk model terbaru cukup lepas penyedot air dari dalam galon.
  • Kuras air sampai habis melalui kran air panas dan dingin. Untuk memastikan air benar benar telah habis buka penutup selang air panas pada bagian belakang body dispenser. Sebelum membuka penutup sediakan bak/ember untuk nemanpung air. Kuras air hingga habis, kemudian pasang kembali penutupnya (lihat gambar 1 )
gambar 1
PELITA TEKNIK
Untuk dispenser mini/tanpa mesin pendingin, penutup selang air panas terletak pada bagian bawah dispenser.

PERINGATAN !!!

Hati hati saat membuka penutup selang air ini, karena yang keluar adalah air panas.
  • Langkah selanjutnya adalah membuka penutup tabung penampungan air, biasanya terdapat tanda anak panah pada penutup tabung, gerser sesuai arah panah lalu angkat (lihat gambar 2 ). Cuci menggunakan sabun atau detergen hingga bersih kemudian keringkan.
gambar 2
PELITA TEKNIK
  • Berikutnya membersihkan tabung dispenser. Pada dispenser yang jarang dibersihkan, apalagi pada dipenser dengan mesin pendingin, pada dinding tabung penampungan air dingin biasanya akan terdapat kerak air berwarna putih.
  • Bersihkan menggunakan spon kasar hingga tak tersisa. Siram dengan air supaya kotoran tersebut terbuang melalui selang air panas yang penutupnya telah dibuka pada bagian awal.
    Bilas sampai bau sabun tak tercium lagi. Sebelum membersihkan tabung baiknya Anda merebus air hingga mendidih. Apa fungsinya ? Fungsinya terdapat pada langkah akhir membersihkan dispenser.
gambar tabung dispenser
PELITA TEKNIK
  • Setelah dirasa cukup, pasang kembali penutup selang air panas yang tadi dilepas.
  • Tuangkan air rebusan yang telah memdidih kedalam tabung dispenser hingga penuh. Untuk mengetahui tabung sudah terisi peneuh atau belum caranya dengan menekan kran air panas, jika air telah keluar melalui kran air panas itu artinya semua tabung penampungan air pada dispenser telah terisi.Karena pada Dispenser dengan mesin pendingin terdapat 2 tabung, yaitu tabung air ding dan air panas. Setelah benar benar terisipenuh. Fungsi Air Panas disini adalah untuk membunuh kuman yang terdapat pada air sisa bilasan saat anda membersihkan dispenser. Biarkan air panas tersebut hingga 5 atau sepuluh menit. setelah itu buka kembali kran penutup selang panas, setelah air habis tutup kembali.
  • Terakhir pasang kembali bagian bagian dari dispenser yang tadi dilepas.
PENTING...!
Sebelum memasang kabel power Dispenser pada terminal listrik (setelah memasang galon air ) tekan kran air panas sampai keluar, setelah keluar baru sambungkan kabel power dispenser pada terminal listrik. Catatan ini hanya berlaku pada dispenser dengan galoan atas.

Sekian tips merawat dispenser dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

PELITA TEKNIK menerima jasa Service/Perbaikan Dispenser.

Tips Merawat Kulkas
Tips Merawat Mesin Cuci
Tisp Memilih Mesin Cuci
Tips Merawat Ac
Tips Memilih Ac
Tips Mengatasi Strum Body/Grounding

Post a Comment for "TIPS MERAWAT/MEMBERSIHKAN DISPENSER DISPENSER"