Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS SERVICE/PERAWATAN MESIN CUCI


PELITA TEKNIK

Merawat mesin cuci sangat diperlukan agar Mesin Cuci lebih awat dan berumur panjang. Service/perawatan bisa dilakukan paling tidak setiap 1 bulan sekali, di karenakan mesin cuci/barang elektronik lainya memiliki keterbatasan, keterbatasan usia( usia pemakaian).

Pemakaian mesin cuci akan menjadi lebih cepat rusak jika tidak dirawat/service dengan teratur, apalagi yang terjadi pada loundry-loundry sering digunakan dengan kapasitas besar setiap harinya.

Disini kami akan memberikan tips service ringan pada mesin cuci milik Anda. Salah satu cara Perawatan mesin cuci agar kinerjanya tetap terjaga adalah dengan membersihkannya.

Pembersihan tidak hanya pada bagian luarnya saja tetapi juga pada bagian dalam tabung mesinpun harus Anda bersihkan. Gangguan pada mesin cuci biasanya berasal dari residu sabun serta mineral di dalam deterjen yang menumpuk di dalam tabung mesin cuci.

Residu ini bisa merusak mesin bahkan dapat merusak pakaian. Sisa residu deterjen maupun sisa kotoran dari pakaian yang tidak terbuang secara sempurna akan menempel pada dinding tabung mesin cuci Anda. Kotoran-kotoran yang menempel tersebut lama-kelamaan akan menjadi kerak.

Penyebab penyebab kerusakan mesin cuci :
  • Mesin cuci diletakkan di tempat lembap sehingga spare-partnya mudah karat dan korsleting. Pada mesin cuci front loading, modul kontrolnya yang akan rusak.
  • Beban cucian yang melebihi kapasitas akan mengakibatkan motor cepat rusak karena bekerja melebihi kemampuannya.
  • Khusus twin tub(dua tabung), jika sudah memutar timer jangan diputar balik lagi karena per mekaniknya akan rusak.
Cara pemakaian mesin cuci dengan baik :
  • Hindari memasukkan tangan ke dalam mesin cuci atau mesin pengering pada saat mesin beroperasi.
  • Selalu memutar timer kearah kanan (terutama bagi yang masih menggunakan mesin cuci dua tabung).
  • Letakkan mesin cuci jauh dari jangkauan anak atau tempat bermain anak.
  • Jangan Menyemprotkan air ke kontrol panel.
  • Hindari mesin cuci dari sinar matahari langsung.
  • Jangan diletakkan di tempat yang lembap.
  • Mesin cuci harus dibersihkan dari debu.
  • Gunakan detergen dan air sesuai petunjuk pemakaian.
  • Gunakan detergen cair pada mesin cuci top load maupun front load
  • Setelah digunakan, matikan mesin, dan cabut stop kontaknya.
  • Pakaian yang akan dicuci hendaknya sesuai dengan kapasitas mesin cuci agar tidak merusak motor penggeraknya.
  • Perikasa kantung baju/celana pastikan tidak ada uang logam maupun benda lain yang dapat menyumbat dipembuangan mesin cuci.
LANGKAH SERVICE/PERAWATAN MESIN CUCI

MEMBERSIHKAN TABUNG :
  • Isi mesin cuci yang kosong dengan air hangat/panas. Kemudian, tambahkan pemutih ke dalamnya. Nyalakan mesin cuci sekitar satu menit.
  • Buka tutup mesin cuci dan diamkan mesin cuci selama kurang lebih 5 s/d 10 menit. Tutup kembali mesin cuci dan nyalakan mesinnya, lalu buang airnya.
  • Kemudian isi kembali mesin cuci dengan menggunakan air hangat atau panas. Tambahkan cuka ke dalamnya, putar selama satu menit agar bercampur.
  • Setelah itu buka penutup mesin dan diamkan cairan ini dalam mesin selama beberapa waktu. Nyalakan lagi mesinnya selama satu menit (boleh lebih) untuk ‘merontokkan” semua kotoran dan melarutkannya bersama air setelah itu buang airnya.
  • Terakhir isi dengan air bersih untuk membilas. 
Untuk mesin cuci top loading dan front loading terbary biasanya sudah tersedia fitur clean tub, jadi Anda tinggal mengaktivkan fitur tersebut, secara otomatis mesin cuci akan mengerjakan pembersihan tabung pencuci.

MEMBNERSIHKAN FILTER AIR :

Tutup kran air, kemudian lepas selang air masuk baik itu yang terpasang pada kran maupun pada mesin cuci, lalu bersihkan filter/saringan yang terdapat pada mesin cuci. 
SERVICE MESIN CUCI PELITA TEKNIK

SERVICE MESIN CUCI PELITA TEKNIK

SERVICE MESIN CUCI PELITA TEKNIK

Pada mesin cuci digital (top loaad/front load) kebersihan filter air masuk sangat berpengaruh. Saat filter kotor aliran air jadi terhambat ini akan membuat error pada mesin cuci. Contoh pada mesin cuci LG akan muncul kode IE artinya pasokan air lambat.

MEMBERSIHKAN SALURAN PEMBUANGAN :

Mesin cuci front load :

turunkan selang pembuangan yang menempel pada body mesin cuci, letakkan ditempat datar, buka penutup drain pump pada mesin cuci (penutup drain pump terdapat pada bagian pojok bawah mesin cuci, lihat gambar dibawah). Caranya bisa dengan cicungkil menggunakan obeng min atau tespen.
SERVICE MESIN CUCIPELITA TEKNIK

Setelah penutup terbuka selanjutnya putar punutup drai pump berlawanan arah jarum jam apaabila terasa susah gunakan tanga atau alat bantu lainnya, lalu bersihkan bagian dalamnya dengan kain lap. Jika dirasa sudah bersih pasang kembali seperti semula.

Mesin Cuci twin tab/dua tabung

caranya hampir sama seperti mesin cuci front load hanya saja untuk mesin cuci top load dan 2 tabung saluran pembuangan terdapat pada bagian belakang, caranya buka tutup belakang mesin cuci menggunakan obeng, setelah terbuka lepas kawat pengait agar mudah saat melepas penutup saluran air, lalu bersihkan.




Itulah tips singkat cara membersihkan mesin cuci dari kami. Sekian tips dari kami PELITA TEKNIK Jakarta selatan semoga bermanfaat serta dapat menjadi panduan bagi Anda dalam merawat mesin cuci.

Jika Anda mengalami kesulitan, sibuk atau mesin cuci Anda rusak silahkan hubungi kami jasa service mesin cuci PELITA TEKNIK kami siap membantu Anda atau jasa service mesin cuci terdekat diwilayah Anda.

Kami melayani jasa servis mesin cuci panggilan untuk wilayah Jakarta Selatan. Teknisi profesional dan berpengalaman dalam bidang perbaikan mesin cuci akan membantu menyelesaikan permasalahan pada mesin cuci milik Anda.

Kami juga memberikan garansi 30 hari pada setiap pengerjaan dan penggantian sperpart sebagai bukti bahwa kualitas sperpart serta kinerja teknisi benar - benar baik.

3 comments for " TIPS SERVICE/PERAWATAN MESIN CUCI"

Unknown April 26, 2016 at 6:42 PM Delete Comment
kalo blh ksh saran buat penjelasannya di pisah ya jadikan 3 artikel,jadi twin tub sendiri,top load danfront loadnya jga artikel nya sendiri@ biar lbh detail gitu
PELITA June 12, 2016 at 10:25 AM Delete Comment
ok bos
Rudhi Hadhi June 17, 2016 at 3:58 AM Delete Comment
ti komentar komentari dwe ti jawab jawab dwe wkwkwkwkwkwkwk lucu lucu lucu mass :D